Senin, 27 Maret 2017

Apa Manfaat Minyak ikan Untuk Kesehatan

Apa Manfaat Minyak ikan Untuk Kesehatan

Apa Manfaat Minyak ikan Untuk Kesehatan - Minyak ikan kerap kali jadi bahan utama suplemen. Sehingga terdapat perkara istimewa di minyak ikan, apa sebenarnya kandungan & manfaatnya?
desyifa

Minyak ikan didapatkan dengan mengkonsumsi ikan dengan cara langsung ataupun dalam bentuk suplemen.

Minyak ikan cukup populer sebab memiliki kandungan omega-3, asam lemak esensial yg sungguh dibutuhkan tubuh.

Ada dua jenis asam lemak omega-3 yg terdapat didalam minyak ikan, disebut docosaheksaenoic acid (DHA) & eicosapentaenoic acid (EPA).

Tuna, salmon, sarden, & makarel merupakan jenis ikan yg tinggi bakal asam lemak omega-3.
Kapsul Minyak Ikan | Sumber gambar: Piksabay.com

Sumber artikel tersebut dari laman terpecaya Alodocter.comDrakse.com & beberapa lainnya.

Khasiat Minyak Ikan

1. Mengobati leukemia
Penyakit leukemia (atau disebut pun dengan kanker darah) merupakan penyakit yg berbahaya.

Sebuah penelitian sudah menemukan bahwa paduan senyawa baru bisa  buat mematikan sel-sel induk leukemia.

Para peneliti yg berasal dari Department op Veterinary and Medical Sciences Penn State, mereka menemukan bahwa sebuah paduan senyawa bernama Delta 12-Protaglandin J3 (D12-PGJ3) bisa membunuh leukemia, sel-sel batang leukemia.

Senyawa D12-PGJ3 ada di omega-3 terdapat di ikan & minyak ikan.

Percobaan atau penelitian dari para ilmuwan ini, dengna melakukan uji coba terhadap tikus-tikus yg tubuhnya memiliki kandungan sel-sel faktor penyebab leukemia.

Lalu tikus-tikus ini diobati dengan komponen minyak ikan.

Hasilnya, ditemukan senyawa yg ada dalam minyak ikan ini yg bisa membunuh sel induk leukemia dalam limpa & sumsum tulang tikus.

Para peneliti lalu menyimpulkan bahwa dengan cara khusus, D12-PGJ3 pun mengaktipkan gen dalam sel induk leukemia ini, buat memprogram kematian sel itu sendiri.

Demikian pun yg perlu diketahui bahwa membunuh sel-sel induk di leukemia merupakan perkara yg penting, sebab sel-sel induk itu bakal bisa membelah diri, yg akhirnya bakal menghasilkan sel-sel kanker yg lebih banyak.

Adapun terapi penanganan leukemia yg terdapat saat ini memang mempunyai khasiat, namun itu hanya merawat jumlah sel-sel leukemia supaya tetap rendah.

Akan tetapi obat-obatan ini ternyata gagal sepenuhnya buat mengobati penyakit ini, sebab tak bisa dengan cara sempurna buat membunuh sel-sel induk leukemia.

2. Menurunkan kadar trigliserida
Menuru laman Alodocter.com, minyak ikan telah dibuktikan bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Dimana resiko terserang penyakit jantung bakal meningkat seiring dengan tingginya kadar trigliserida didalam tubuh.


3. Menangani penyakit jantung
Penelitian yg dilakukan para ilmuwan, menemukan bahwa mengkonsumsi ikan yg tinggi bakal kandungan minyak ikan berkhasiat besar dalam merawat kesehatan jantung & menurunkan resiko kematian dampak penyakit jantung.

Dari laman Drakse.com, studi menemukan bahwa asam lemak omega-3 dari minyak ikan berhubungan dengan taraf kelangsungan hidup yg lebih baik untuk para korban serangan jantung.

Sebuah studi yg diterbitkan dalam jurnal kedocteran Circulation menemukan bahwa orang yg memenuhi asupan minyak ikan selama enam bulan sesudah terjadinya serangan jantung, bisa  menaikan pungsi jantung dengan cara keseluruhan.

4. Menurunkan resiko keguguran
Minyak ikan dipercaya bisa  mencegah terjadinya keguguran di perempuan yg mengidap kelainan system imun (yang disebut sindrom antiphospholipid).

Minyak ikan baik buat ibu hamil sebab kandungan DHA didalamnya yg membantu pengembangan mata & otak bayi, mengjauhi kelahiran prematur, mencegah berat badan rendah saat lahir, & menurunkan risiko keguguran.

5. Menurunkan kebutuhan di obat-obatan penyakit asma
Sejumlah studi menemukan bahwa makan minyak ikan bisa  menurunkan kebutuhan di obat-obatan penyakit asma buat sebagian anak, tapi tak di orang dewasa.

6. Menaikan kinerja indera penderita ADHD
Minyak ikan dikaitkan dengan peningkatkan pokus, fungsi mental, & perilaku anak-anak yg mengalami problem attention depicit-hyperactivity disorder (ADHD).

Dari laman Drakse.com, banyak anggota komunitas medis percaya bahwa taraf suboptimal asam lemak omega-3 bisa berkontribusi buat mengobati tanda ADHD & problem perkembangan terkait kesehatan mental, selama seumur hidup seseorang.

Sebuah studi 2012 melibatkan anak-anak dari 6 hingga 12 thn yg mengalami ADHD, dirawat dengan methylphenidate & terapi perilaku scirir selama lebih dari enam bulan.

Orang tua dari anak-anak tersebut melaporkan tak terdapat perbaikan dalam perilaku & pembelajaran akademik anak dari melakukan perawatan scirir ini.

Lalu, para peneliti dengan cara acak memberikan beberapa anak omega-3 & omega-6 suplemen (plasebo). kemudian diteliti lebih lanjut.

Hasilnya, peneliti menemukan adanya statistik peningkatan yg signipikan untuk kelompok anak yg diberikan asupan omega...

...yang bisa  menurunkan prekuensi rasa gelisah & agresivitas berlebihan anak, anak dapat menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan baik & anak mempunyai prestasi akademik yg lebih baik.

Studi lain menemukan bahwa peningkatan asupan omega-3, terutama DHA, bisa menaikan kemampuan membaca & perilaku di anak-anak yg mengalami ADHD.
loading...


7. Mencegah penyakit mata
Omega-3 memiliki fungsi buat melindungi mata dari risiko degenerasi makula (AMD), dan menurunkan resiko sindrom mata kering.

Penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi ikan minimal sekali sepekan berhubungan dengan penurunan resiko penyakit degenerasi makula.

Menurut Drakse.com, minyak ikan sudah telah dibuktikan buat mengobati gangguan mata yg berkaitan dengan usia. di bulan Maret 2014, para peneliti Prancis melakukan evaluasi di 290 penderita yg mengalami degenerasi makula terkait umur (AMD).

Mereka menemukan bahwa asupan minyak ikan & asupan makanan laut maemberian khasiat signipikan untuk penderita AMD.

Selain itu, asupan kaya lemak tak jenuh ganda di ikan & minyak ikan pun sudah dikaitkan dengan penurunan risiko katarak kortikal.


Apa Manfaat Minyak ikan Untuk Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar